Selasa, 27 November 2018

PJOK BAB 7

BAB VII
SIKAP TUBUH
Melompat dan meloncat sangat menyenangkan. Bagaimana jika dilakukan dengan rintangan? Pasti lebih menantang, bukan? Bisakah kamu melompati ban-ban yang dipasang berjajar. Ayo, kita coba melewatinya dengan cara melompat, hap .. hap .. hap .. hap ..
A.    Melompat dan Berputar
1.      Gerak Melompat di Tempat sambil Beputar
Berdirilah dengan tegak dan kaki dibuka selebar bahu. Pandangan lurus ke depan. Kedua tangan simpan di samping badan. Ayo, melompatlah dua kali. Ketika lompatan ketiga, putarlah badanmu ke kiri. Ayo, melompatlah lagi dua kali. Kemudian, putarlah badanmu ke kanan saat lompatan ketiga.
2.      Melompati Rintangan
a.       Melompati Garis
Ambil kapur dan buatlah garis yang lurus. Lompati garis  tersebut dengan cara melompat, hap ... hap ... hap ...
b.      Melompati Tali
Dua orang anak menarik kedua ujung tali sehingga terentang. Anak-anak yang lain berbaris menjadi satu barisan. Kemudian, satu per satu melompati tali secara bergantian Ketinggian tali diatur sedemikian rupa. Tahap pertama, ketinggian tali jangan terlalu tinggi. Tahap berikutnya, ketinggian tali dibuat lebih tinggi lagi.
c.       Melompati Kotak
Perhatikan kotak di hadapanmu. Lompati kotak dengan hati-hati dan jangan sampai terjatuh. Perhatikan contoh yang diperagakan oleh gurumu.
Melompati kotak dapat dilakukan ke arah depan. Melompati kotak dapat dilakukan ke samping kiri. Melompati kotak dapat dilakukan ke samping kanan.
Sekarang lakukan lompatan pada beberapa kotak. Kotak-kotak akan disimpan berjajar ke depan. Tiap kotak diberi jarak satu meter, lompat ... lompat ... lompat ... Ayo, lakukan bergantian secara berulang-ulang.
B.     Berguling
1.  Berguling ke Depan
Mulailah dengan awalan berjalan. Kemudian, berjongkoklah di atas matras. Kedua kaki rapat dan lutut dekatkan ke dada. Kedua tangan menumpu di atas matras, lalu bengkokkan kedua sikut tangan. Tengkuk ditempelkan di matras. Lanjutkan dengan gerakan mengguling ke depan dan kembalilah ke posisi jongkok seperti awal.
2.  Berguling ke Belakang
Gerakan berguling ke belakang biasanya disebut gerakan roll belakang. Lutut ditekuk dengan rapat dan kedua kaki jinjit. Dagu didekatkan ke arah dada. Kedua tangan dilipat dan telapak tangan sejajar di atas bahu. Mulai gerakan berguling ke belakang dengan cara menggelinding. Gerakan diakhiri dengan kembali ke posisi berjongkok. Lakukan latihan berguling ke belakang berulang-ulang sampai kalian mahir melakukannya.

RANGKUMAN


Melompat di tempat dapat dilakukan sambil memutar tubuh. Contoh melompati tali dan melompati kotak Gerakan berguling dapat dilakukan ke arah depan dan ke arah belakang. Guling depan dan guling belakang merupakan contoh berguling.

PJOK bab 8

BAB VIII
GERAK RITMIK
Bergerak bersama dalam senam irama bisa dilakukan secara berpasangan ataupun secara berkelompok. Jika dilakukan bersama-sama, gerakannya harus dilakukan secara kompak, gerakannya harus serasi dan serentak.
A.    Gerak Ritmik Berpasangan
Ayo, carilah pasanganmu. Setiap pasangan terdiri atas dua orang. Ayo, berlatih senam irama secara berpasangan. Berdirilah saling berhadapan dengan pasanganmu. Buat jarak lima langkah dari pasanganmu. Kedua tangan disimpan di pinggang. Majulah dua langkah ke depan. Lalu, bungkukkan tubuhmu ke depan dua kali.
Mundur lagi ke belakang dua langkah. Melompatlah di tempat dua kali. Kemudian, melompat sambil memutar badan ke arah kanan. Melompat lagi sambil memutar badan ke arah kiri. Ulangi lagi gerakannya berulang-ulang.
B.     Gerak Ritmik Beregu
Ayo, buatlah lingkaran kecil. Semua anak berbaris dalam lingkaran. Gurumu akan berdiri di tengah lingkaran untuk memberi aba-aba. Sekarang, mundurlah tiga langkah ke belakang. Lakukan dengan cara meloncat hap hap hap. Lingkarannya akan menjadi besar.
Ayo, kita lakukan gerakan ritmik bersama. Perhatikan lagi aba-aba dari gurumu. Tangan di pinggang dan maju dua langkah ke depan. Lalu, bungkukkan tubuh ke depan dua kali. Mundur ke belakang dua langkah dan melompatlah di tempat dua kali.
Kemudian, melompatlah sambil memutar badan ke arah kanan. Berjalan mengelilingi lingkaran. Melompat lagi sambil memutar badan ke arah kiri. Ulangi lagi gerakan tersebut berulang-ulang.



RANGKUMAN


Gerak ritmik dapat dilakukan secara berpasangan atau berkelompok. Gerak ritmik berpasangan dapat dilakukan dengan berhadap-hadapan. Gerak ritmik yang dapat dilakukan, yaitu melangkah, membungkuk, melompat, dan memutar. Gerak ritmik yang dilakukan secara berkelompok harus kompak dan serasi.

PJOK BAB 9

BAB IX
RENANG
Bermain air sangat menyenangkan. Kali ini kita akan belajar berenang. Belajar berenang sambil bermain sangat menyenangkan. Bisakah kamu membuat gelembung udara? Beranikah kamu memasukkan wajahmu ke dalam air? Beranikah kamu memasukkan seluruh badanmu ke dalam air?
A.    Pengenalan Air
1.      Berkeliling di Pinggir Kolam
Ayo, berbarislah di pinggir kolam. kita akan berkeliling di pinggir kolam Setelah satu putaran, masuklah ke dalam kolam melalui tangga.
2.      Berkeliling di Dalam Kolam
Sekarang berbarislah di dalam kolam dangkal. Kita akan berjalan di dalam air, berjalan mengelilingi kolam yang dangkal. Setelah satu putaran, cobalah berlari. Lakukan berlari melewati air dengan perlahan, lalu lebih cepat ... cepat ... dan lebih cepat.
Berbarislah secara berpasangan. Sekarang saatnya berlari dan mengejar pasangan. Setelah suara peluit berbunyi, berlarilah dengan cepat. Pasangan yang berbaris di belakang harus cepat mengejar pasangannya. Lakukan secara bergantian.
B.     Gerak Dasar Renang
1.  Pernapasan
Bagaimana caranya membuat gelembung udara? Awali dengan mengambil napas dalam-dalam. Ambil napas melalui mulut. Lalu, bungkukkan badan dan masukkan kepala ke dalam air. Tiupkan udara dalam air sampai habis.
Ayo, berjajarlah di dalam kolam. Lalu, berpegangan pada dinding kolam. Lakukan latihan bernapas di dalam air. Ambil napas dalamdalam melalui mulut. Lalu, masukkan kepala ke dalam air. Tiupkan udara sampai habis di dalam air. Lakukanlah secara berulang-ulang.
2.  Gerakan Kaki
Injak-injak air Duduklah berjajar di pinggir kolam. Injakkan kaki ke dalam air secara bergantian. Pertama, injakkan telapak kaki kanan, lalu ikuti dengan kaki kiri. Lakukanlah secara berulang-ulang
Kaki naik turun Duduklah di pinggir kolam. Masukkan kedua kaki ke dalam kolam. Luruskan kedua belah kaki, dari pangkal paha sampai ujung jari kaki. Lakukanlah gerakan naik turun. Gerakan dimulai dari pangkal paha. Gerakan harus lurus dan lutut tidak ditekuk.
Lanjutkan gerakan dengan mengubah posisi tubuh. Telungkupkan badan di pinggir kolam. Posisi kaki masuk ke dalam kolam. Gerakkan kakimu naik turun. Lakukanlah secara berulang-ulang.
C.     Latihan Keseimbangan
1.  Jongkok Berdiri
Ambil sikap berdiri tegak. Kedua tangan diletakkan di belakang kepala. Kemudian, berjongkoklah di dalam air, lalu berdirilah kembali. Lakukan gerakan jongkok dan berdiri dengan cepat. Lakukanlah secara berulang-ulang.
2.  Mengapung
Berdirilah dengan tegak, lalu lakukan posisi berjongkok. Setelah seluruh badan masuk ke dalam air, lanjutkan dengan meluruskan kedua kaki ke belakang. Akhirnya, posisi tubuh menjadi lurus dan mengapung. Tahanlah posisi tersebut beberapa saat.
Kemudian, berdiri kembali dengan tegak, lalu lakukan posisi berjongkok. Tekuk lutut dan silangkan kedua tangan di depan lutut sampai berkaitan. Tahan beberapa saat, lalu luruskan kedua kaki ke belakang. Bersamaan dengan itu, luruskan pula kedua tangan ke depan. Biarkan tubuh mengapung dengan rileks.
D.    Keseimbangan di Kolam Renang
Berenang sangat menyenangkan. Akan tetapi, harus dilakukan dengan hati-hati. Lantai di sekitar kolam sangat licin. Oleh karena itu, jangan berlari-lari, lebih baik berjalan. Perhatikan arah jalanmu.
Perhatikan kedalaman kolam renang. Jika belum begitu mahir berenang, berenanglah di kolam dangkal. Tapi, jika sudah mahir, kalian bisa berenang di kolam yang lebih dalam.
Pelampung bisa membantu tetap mengapung. Pelampung digunakan sebagai alat bantu untuk berlatih renang.


RANGKUMAN

Pengenalan air dapat dilakukan dengan berkeliling di pinggir kolam atau melakukan permainan. Gerak dasar renang yang harus dilatih, yaitu pernapasan dan gerakan kaki. Latihan keseimbangan di dalam air dapat dilatih dengan jongkok berdiri dan mengapung di dalam kolam. Berjalan di pinggir kolam merupakan langkah keselamatan di kolam renang.


PJOK BAB10

BAB X
AKTIVITAS DI SEKOLAH
Bermain di sekolah sangat menyenangkan. Selain bermain, kalian juga harus mau menjaga kebersihan sekolah. Caranya, yaitu membuang sampah pada tempatnya. Jika sekolah kalian bersih, kalian akan lebih nyaman belajar, bermain juga akan lebih menyenangkan.
A.    Kebersihan Sekolah
Kebersihan sekolah harus selalu dijaga. Menjaga kebersihan adalah tugas kita. Lingkungan yang bersih akan membuat nyaman. Kegiatan kerja bakti dapat menjaga kebersihan sekolah. Sekolah yang bersih dan nyaman membuat orang-orang dan lingkungan sekitarnya menjadi sehat. Kerja bakti harus dilakukan secara rutin. Kepala sekolah, guru-guru, dan petugas sekolah, serta semuanya harus ikut berpartisipasi. Ada yang bertugas menyapu lantai. Ada yang bertugas mengepel lantai. Ada yang bertugas memungut sampah. Ada yang bertugas menyiram tanaman. Ayo, kerjakanlah kegiatan tersebut bersama sama.
1.      Kebersihan Kelas
Kebersihan kelas juga harus dijaga. Setiap pagi kelas harus dibersihkan. Lantai disapu, kemudian sampahnya dibuang. Sampah tersebut dibuang ke tempat sampah. Meja dan kursi dirapikan. Papan tulis dihapus dan dibersihkan.
Kebersihan kelas menjadi tanggung jawab semua anak. Jangan membuang sampah sembarangan. Buanglah sampah pada tempatnya.
2.      Jadwal Piket
Menyusun jadwal piket. Setiap anak akan dibagi ke dalam kelompok piket. Kelompok piket bertugas untuk membersihkan kelas. Kelompok piket bertugas sesuai jadwal yang ditentukan. Sekarang kita susun jadwal piket kebersihan kelas. Semua anak harus masuk dalam kelompok piket. Kamu harus ingat jadwal piketmu.
B.     Penjelajahan
Kali ini, gurumu akan mengajak berkeliling di lingkungan sekitar sekolah. Kegiatan ini disebut penjelajahan. Kalian akan dibagi dalam kelompok-kelompok. Tiap kelompok terdiri atas lima orang. Satu orang ditunjuk menjadi pemimpin. Tiap kelompok didampingi oleh seorang guru. Tugas kalian adalah mengenali lingkungan sekitar sekolah. Tunjukkanlah kerja sama dan kepemimpinan untuk menyelesaikan tugas dari gurumu.
Perhatikanlah dengan teliti dan seksama jalan yang harus dilalui. Berdiskusilah untuk menentukan jalan yang harus ditempuh. Kalian akan berjalan sejauh dua ratus meter ke luar dari lingkungan sekolah. Kalian harus mencatat tempat-tempat yang dilalui. Perhatikan ciri-ciri tempat tersebut. Kemudian, perkirakan berapa jauh jaraknya dari sekolah. Tiap kelompok akan berangkat dengan arah yang berbeda.
1.  Keselamatan Selama Perjalanan
Keselamatan sangat penting disaat kalian berkegiatan. Selain untuk diri sendiri, sarana keselamatan juga bermanfaat untuk orang lain.
Selama di perjalanan, perhatikanlah rambu-rambu lalu lintas. Ketika berjalan, kalian harus berjalan di trotoar. Ketika hendak menyeberang, perhatikan lampu lalu lintas.
Menyeberanglah di tempat penyeberangan atau zebra cross. Kalian juga bisa menyeberang di jembatan penyeberangan.
Sebelum berangkat, kalian harus mempersiapkan diri. Selain itu, berdoalah terlebih dahulu. Sarana keselamatan lain yang harus disiapkan adalah makanan, minuman, dan obat-obatan.
a.       Makanan dan Minuman
Selama perjalanan kita membutuhkan makanan dan minuman. Makanan dapat menghilangkan rasa lapar, sedangkan minuman untuk menghilangkan rasa haus.
Makanan dan minuman dapat menyegarkan kembali tubuh yang lelah selama perjalanan. Makanan dan minuman yang bisa kalian bawa, misalnya:
Buah-buahan, makanan berat seperti nasi  timbel, roti, lontong, makanan ringan atau kue-kue. Minuman supaya lebih praktis bisa dibawa dalam kemasan.
b.      Obat-obatan
Kita membutuhkan obat-obatan. Obat-obatan sederhana harus disiapkan untuk perjalanan. Biasanya obat-obatan tersebut disimpan dalam kotak P3K (Pertolongan Pertama Pada Kecelakaan).
Jika kita terluka dan sakit, obat-obatan itu bisa digunakan untuk pertolongan sementara. Selanjutnya, jika luka atau sakitnya lebih berat maka harus segera dibawa ke Puskesmas atau rumah sakit terdekat.
Beberapa obat-obatan yang harus disediakan dalam kotak P3K adalah: obat merah/betadine, kapas, kassa steril, alkohol, plester, obat sakit kepala, minyak kayu putih, dan lain-lain.
C.     Memakai Pakaian dan Sepatu yang Sesuai
1.  Pakaian
Setiap hari kita memakai pakaian. Pakaian berfungsi untuk melindungi tubuh. Dengan pakaian, tubuh akan terlindungi dari udara yang dingin dan sinar matahari yang terik. Pakaian yang dipakai harus selalu bersih dan rapi. Pakaian yang dipakai harus sesuai dengan kegiatan yang dilakukan. Pakaian untuk ke sekolah adalah pakaian seragam sekolah. Pakaian seragam sekolah dilengkapi dengan dasi dan topi. Saat berangkat ke sekolah, gunakan pula sepatu yang sesuai.
Waktu pelajaran olahraga, pakaian yang digunakan adalah pakaian olahraga. Sepatu yang digunakan pun adalah sepatu olahraga. Pakaian olahraga biasanya berbahan kaos. Kegunaan bahan kaos, yaitu agar lebih leluasa ketika bergerak. Pakaian olahraga pun harus bisa menyerap keringat.
2. Sepatu
Alas kaki berguna untuk melindungi kaki. Alas kaki yang dapat digunakan ketika ke sekolah atau berolahraga adalah sepatu. Sepatu yang dipakai harus sesuai dengan ukuran kaki.
Sepatu tidak boleh terlalu besar ataupun terlalu kecil. Sepatu yang pas akan nyaman ketika digunakan. Sepatu harus dirawat supaya tetap bersih dan awet. Caranya adalah dicuci dengan teratur dan dibersihkan jika kotor. Sepatu harus disimpan di tempat penyimpanan sepatu.
Sepatu tidak boleh terlalu besar ataupun terlalu kecil. Sepatu yang pas akan nyaman ketika digunakan. Sepatu harus dirawat supaya tetap bersih dan awet. Caranya adalah dicuci dengan teratur dan dibersihkan jika kotor. Sepatu harus disimpan di tempat penyimpanan sepatu.

                                                                RANGKUMAN


Kebersihan sekolah harus selalu dijaga agar sekolah kita bersih. Contoh kegiatan kebersihan, yaitu menyapu lantai, mengepel lantai, dan membuang sampah ke tempatnya. Agar pelaksanaan kebersihan berjalan lancar maka harus dibuat jadwal piket. Ketika melakukan penjelajahan, kamu harus memerhatikan rambu-rambu dan lingkungan sekitar. Persiapkan pula perbekalan seperti makanan, minuman, dan obat-obatan. Setiap hari, kita harus memakai pakaian karena dapat melindungi tubuh. Menggunakan sepatu dapat melindungi kaki dari benda tajam.

PJOK BAB 11

BAB XI
BUDAYA HIDUP SEHAT
Kebersihan badan harus selalu dijaga, terutama kebersihan tangan dan kaki. Setiap hari kamu harus selalu mencuci tangan dan mencuci kaki. Kuman-kuman yang menempel di tangan dan kaki akan terbawa air cucian. Kotoran yang menempel di kaki dan tangan tidak enak dipandang.
A.    Menjaga Kebersihan Tangan dan Kaki
1.      Kebersihan Tangan
Lihatlah kedua tanganmu. Apakah kedua tanganmu bersih? Perhatikan jari-jari tanganmu. Apakah kuku jari tanganmu bersih dan rapi? . Kebersihan tangan harus selalu dijaga. Bagaimanakah cara menjaganya? Cucilah tanganmu dengan sabun. Lalu, keringkan dengan lap yang kering. Kuku jari tangan harus dirapikan. Kuku-kukunya dipotong dengan pemotong kuku.
Kapankah kamu harus mencuci tangan? Cucilah tanganmu setelah bermain. Cucilah tanganmu sebelum makan. Cucilah tanganmu sebelum tidur. Tangan yang kotor akan membawa bibit penyakit. Oleh karena itu, biasakanlah mencuci tangan.
2.      Kebersihan Kaki
Lihatlah kedua kakimu dan kuku-kuku jari kaki. Apakah bersih, rapi, dan terawat? Kaki harus selalu bersih. Pakailah alas kaki ke mana pun kamu pergi. Alas kaki melindungi kakimu supaya tetap bersih. Alas kaki bisa berupa sepatu atau sandal. Jangan lupa pakai kaos kaki sebelum kamu memakai sepatu.
Kaki yang kotor harus dicuci. Kuku jari-jari kaki juga harus rapi dan bersih. Saat mencuci kaki, perhatikan sela-sela jari kakimu. Dengan begitu, sisa-sisa kotoran yang menempel akan hilang.
B.     Cara Makan yang Sehat
Kamu harus makan makanan yang sehat agar tubuhmu sehat dan kuat. Selain itu, makanan pun harus bergizi. Bagaimanakah cara makan yang sehat? Waktu makan harus teratur. Pada pagi hari kamu harus sarapan. Siang harinya jangan lupa makan siang. Malam hari, waktunya makan malam. Makan harus dibiasakan tepat pada waktunya.
Makan biasanya dilakukan ketika kita lapar. Makan tidak boleh berlebihan. Jika kamu makan berlebihan dan kekenyangan, perutmu menjadi sakit. Sebelum makan biasakan untuk mencuci tangan. Sebelum makan, berdoa terlebih dahulu. Makan jangan dilakukan dengan tergesagesa.
Makan harus dilakukan dengan perlahan supaya tidak tersedak. Setelah makan, jangan lupa untuk minum. Biasakan minum sebanyak delapan gelas sehari. Tubuh tidak akan kekurangan cairan jika minumnya cukup.

                                                              RANGKUMAN

Kita harus selalu menjaga kebersihan tangan dan kaki agar kita sehat. Kebersihan tangan dapat dijaga dengan cuci tangan dan memotong kuku. Kebersihan kaki dapat dijaga dengan cuci kaki, memotong kuku, dan memakai alas kaki. Agar tubuh sehat, kita harus makan makanan bergizi. Selain itu, jadwal makan pun harus teratur.

IPS BAB 6

BAB 6 KERJA SAMA DI LINGKUNGAN TETANGGA

A.    Mengenal tetangga
              Tetangga adalah orang yang tinggal disekitar rumah kita. Tetangga bisa tinggal disebelah kanan, kiri, belakang, dan depan. Tetangga adalah orang yang terdekat dengan kita setelah keluarga.
              Dikota, warga yang tinggal disuatu kompleks atau suatu RT termasuk tetangga. Didesa, warga yang tinggal satu duku termasuk tetangga. Kita harus mengenal tetangga kita dengan baik. Misalnya, ketua RT pasti mengenal semua tetangganya.

B.     Mengenal Kerja Sama
              Kerja sama adalah melakukan tindakan bersama orang lain. Kita bekerja sama untuk mencapai tujuan yang sama. Misalnya, gotong royong. Kerja sama memiliki dua syarat agar bisa berhasil dengan baik yaitu sukareladan saling menguntungkan
a.       Sukarela
      Kerja sama yang baik harus berdasarkan sukarela. Sukarela artinya mau melaksanakan sesuatu tanpa harus dipaksa. Suatu kerja sama tidak baik hasilnya kalaudipaksa. Orang yang terpaksa, kerjanya akan ogah-ogahan, ia tidak akan melakukan tugasnya dengan maksimal. Contohnya, jika seorang anak malas membereskan kamar, maka ia akan malas ataupun membersihkan dengan sekadarnya.
      Karena itu, jika mau mengajak orang kerja sama, ajaklah dengan baik. Katakan kalau kamu membutuhkan bantuan mereka. Katakan kalau kamu sangat berterima kasih atas bantuan mereka. Kalau temanmu terlalu lelah, jangan memaksa mereka dan hargai keputusan mereka.
b.      Saling menguntungkan
      Kerja sama yang baik itu saling menguntungkan. Tidak boleh ada yang merasa dirugikan. Misalnya, suatu kerja kelompok. Semua anggota kelompok harus mendapatkan bagian pekerjaan ytang sama rata dan sebaiknya tidak ada yang lebih berat ataupun lebih ringan. Kerja sama tidak akan berhasil kalau ada yang merasa dirugikan. Kalau kamu bekerja, tetapi teman sekelompokmu tidak bekerja, maka kamu pasti akan kesal dengan teman kelompokmu itu. Pembagian kerja seperti ini tidak adil, merasa sakit hati dan dirugikan.
      Nantinya, kamu tidak mau bekerja dengan mereka lagi. Karena itu, kerja sama harus saling menguntungkan. Kalau kerja sama itu tidak menguntungkan, maka mereka tidak mau bekerja sama dengan kita.

C.     Bekerja Sama dengan Tetangga
        Tetangga itu sangat penting. Karena tetangga adalah orang yang terdekat dengan kita setelah keluarga. Tetapi ada juga tetangga yang tidak mau bekerja sama dengan tetangga lain.

D.    Bentuk Kerja Sama
Ada beberapa bentuk kerja sama yang biasa dilakukan bersama tetangga yaitu :
a.       Membantu Tetangga
         Suatu hari Bagus harus segera pergi les bahasa inggris. Tapi, ibunya belum pulang dari pasar. Kalau Bagus menunggu ibunya pulang, maka ia akan terlambat ketempat les.
         Untung saja Bagus mengingat kata ibunya kalau ibu belum pulang, Nila bias menitip kunci dirumah Bu Ana. Bu Ana tinggal disebelah rumah Nila. Sekarang Nila mengerti, ia menitip kunci pada Bu Ana. Karena keluarga Bu Ana amat baik, mereka mau dititipi kunci. Pada saat ibu nanti pulang, ibu tinggal mengambil kunci rumah dirumah Bu Ana.
         Dan beberapa hari kemudian, Bu Ana bertemu Bagus didepan rumah. Bagus melihat Bu Ana sedang kebingungan. Ternyata kucingnya tidak bias turun dari pohon. Maka Bagus memanjat pohondan mengambilkan kucing Bu Ana. Bu Ana sangat berterima kasih. Sesama tetangga memang harus saling membantu.
         Itulah gunanya tetangga. Sesama tetangga harus saling menolong. Jika kita berbuat baik pada tetangga hari ini. Maka suatu saat kita juga akan dibantu.
b.      Gotong Royong
         Pak Ibrahim, Pak Martinus, dan Pak Gunawan hidup bertetangga. Mereka tinggal di RT 8 Kelurahan  Sejahtera. Warga RT 8 terdiri dari berbagai suku bangsa. Pak Ibrahim adalah warga keturunan Arab. Pak Martinus adalah orang Manado. Pak Gunawan adalah orang Jawa. Mereka semua hidup rukun dan saling membantu.
         Pak Sahrul adalah ketua RT 8. Setiap bulan warga RT 8 menyelenggarakan pertemuan. Bulan ini, warga membicarakan tentang pembangunan rumah nenek Hapsah. Rumah nenek Hapsah rusak akibat longsor.
         Keesokan harinya, tepat pukul 7 pagi warga laki-laki berkumpul dirumah nenek Hapsah. Mereka dating membawa berbagai peralatan. Ada yang membawa gergaji, serut, cangkul, grobak, sendok pasir dan lainnya.
         Pekerjaan pun dimulai. Ada mencangkul pasir, ada yang membuat bentengan, ada juga yang memotong kayu untuk tiang. Pak Martinus memasang batu bata untuk dinding. Sedangkan yang lainnya mengaduk semen dan pasir. Untuk menghilangkan rasa lelah, mereka pun saling bercanda.
         Kaum ibu juga ikut membantu. Mereka menyediakan makanan dan minuman. Pembangunan rumah nenek Hapsah selesai setelah tiga hari. Nenek Hapsah merasa sangat senang. Nenek Hapsah mengucapkan terima kasih kepada seluruh warga yang telah membantu.
         Dari cerita diatas, seperti itulah seharusnya kita hidup bersama. Saling menjaga kerukunan, bekerja sama, dan saling tolong menolong.
c.       Kerja Bakti
                        Disebuah desa yang padat penduduknya, RT 19 selalu diadakan kerja bakti membersihkan lingkungan, Karena sebentar lagi musim hujan tiba, Pak  RT memberitahukan warganya untuk melaksanakan kerja bakti dihari minggu. Mereka akan membersihkan saluran air supaya air mengalir dengan lancer, dengan begitu warga akan terhindar dari banjir dan penyakit. Hari minggu pagi warga sudah berkumpul didepan rumah Pak RT mereka datang dengan membawa alat yang dibutuhkan untuk kerja bakti, Ada yang membawa cangkul, sekop, golok, dan lainnya. Pada pukul 07.30 kerja bakti dimulai, sampah yang ada disaluran air diangkat dan dikumpulkan disuatu tempat. Pohon-pohon perdu yang tumbuh dipinggir saluran air juga dicabut. Ibu-ibu juga ikut ambil bagian dalam kerja bakti itu, mereka menyediakan aneka makanan dan minuman untuk warga yang ikut kerja bakti. Tepat pukul 12.00 pekerjaan selesai, kini wilayah masyarakat RT 19 terlihat bersih dan indah. Kalau wilayah kita bersih maka penduduknya akan sehat dan terhindar dari penyakit.
d.      Siskamling
         Selain bersih dan indah, lingkungan tempat tinggal juga harus nyaman dan aman. Bila suatu wilayah tempat tinggal sring terjadi pencurian maka warga tidak merasa nyaman.

E.     Manfaat Kerja Sama
              Kerja sama dilingkungan tetangga mempunyai manfaatyang banyak. Kerja sama dapat menambah keakraban kita. Dengankerja sama kita menyadar bahwa kita makhluk social. Sebagai makhluk social kita saling membutuhkan dalam menjalani kehidupan.
Contoh dari kerja sama yaitu seperti gotong royong. Manfaat yang kita peroleh dari kerja sama yaitu :
a.       Mempercepat selesainya pekerjaan karena dilakukan bersama-sama.
b.      Menghemat tenaga karena dikerjakan bersama-sama. Pekerjaan berat dengan gotong royong akan tersa ringan.
c.       Mempererat hubungan persaudaraan.

d.      Terciptanya rasa aman.

IPS BAB 5

BAB 5 PENGALAMAN MELAKSANAKAN PERAN DALAM KELUARGA

A.    Pengalaman Anak dirumah
               Sebagai anak kita pernah merasa bosan menjadi seorang anak. Pastinya kita pernah berharap bisa menjadi seperti orang tua yang bisa memerintah sesuka hati, dan merasa menjadi orang tua itu enak. Kita berpikir menjadi seorang ibu itu enak, karena menurut kita ibu setiap hari tinggal di rumah dan ibu tidak perlu pergi ke sekolah. Jika ibu enggan memasak, ibu bisa membeli masakan di rumah makan. Pekerjaan itu tentunya tidak berat bagi ibu. Tetapi ternyata  menjadi seorang ibu tidaklah mudah seperti yang kita bayangkan. Karena tugas ibu tidak hanya memasak dan membersikan rumah tetapi, ibu juga harus membuat keluarganya nyaman tinggal di rumah. Ibu juga harus membuat anak-anaknya merasa di sayangi. Oleh sebab itu tugas menjadi seorang ibu tidaklah mudah tetapi berat. Sekarang, kita tidak perlu iri dengan peran ibu. 

B.     Mengamati Perubahan Peran
              Dalam keluarga biasa terjadi perubahan peran. Misalnya bila dalam sebuah keluarga tidak memiliki seorang ibu, tentunya peran ibu akan digantikan oleh ayah atau kakak. Bila dalam keluarga tersebut memiliki anak lebih dari satu. Semua tugas ibu biasanya diganti kan oleh ayah pada umumnya. Sehingga ayah mempunyai peran ganda di samping perannya sebagai seorang ayah. Dia juga harus bekerja dan mencari uang untuk anak-anaknya dan mendidik anak-anaknya.


IPS BAB 4

MATERI 4 KEDUDUKAN DAN PERAN ANGGOTA KELUARGA
Keluarga adalah orang yang terikat oleh ikatan pernikahan. Keluarga juga bisa terbentuk oleh ikatan darah. Keluarga yang terdiri dari ayah, ibu, dan anak di sebut keluarga inti. Dalam keluarga ada yang memiliki dua anak dan biasa disebut catur warga, tetapi ada juga yang memiliki tiga anak dan biasa disebut panca warga.
Semua orang memiliki peran dalam anggota keluarga. Peran adalah posisi yang kita miliki. Misalnya, disekolah kita berperan sebagai murid. Di rumah kita berperan sebagai anak.
Setiap peran memiliki kewajiban dan hak. Kewajiban adalah sesuatu yang harus kita lakukan. Hak adalah sesuatu yang kita terima setelah menjalani kewajiban. Misalnya apa bila kita menjalani suatu kewajiban belajar maka hak kita adalah untuk dapat beristirahat.
Di bawa ini adalah kedudukan dan peran anggota keluarga:
A.    Kedudukan dan Peran Ayah
a.       Kewajiban Ayah
        Di dalam keluarga ayah merupakan seorang kepala keluarga yang memimpin dalam keluarga. Kepala keluarga bertanggung jawab atas keselamatan keluarga dan kesejahteraan keluarga. Untuk memenuhi kesejahteraan keluarganya, seorang ayah harus bekerja untuk memenuhi kebutuhan keluarganya. Apabila seorang ayah kehilangan pekerjaannya maka ia akan kesulitan memenuhi kebutuhan keluarganya.
        Ayah juga bertanggung jawab atas pendidikan anak, mengasuh dan membimbing anaknya. Sehingga ayah juga mengetahui perkembangan anaknya dan lebih memahami anaknya.
b.      Hak Ayah
        Dalam keluarga  seorang ayah memiliki hak untuk di hormati dan di sayangi. Karena ayah sebagai kepala keluarga maka perintahnya harus di patuhi, tetapi apa bila salah satu anggota keluarga tidak sependapat dengan  perintah  ayah , kita bisa mengatakan kepada ayah dengan baik dan sopan.
        Sebagai kepala keluarga ayah juga berhak membuat peraturan, tetapi sebaiknya peraturan yang dibuat bersama anggota keluarga yang lain. Jika peraturan telah ditetapkan maka seluruh anggota keluarga harus mematuhi peraturan tersebut.
        Ayah juga berhak memberi izin dan memberikan hukuman. Misalnya ayah tidak mengizinkan anaknya bermain jauh-jauh maka anak tersebut harus mematuhi perintah ayahnya, jika anak tersebut melanggar peraturan yang dibuat bersama maka anak tersebut mendapat hukuman. Biasanya hukuman yang diberikan ayah  bersifat mendidik, karena ayah yang baik tidak akan menghukum anaknya tanpa alasan.
        Walaupun ayah adalah pemimpin, maka ayah tidak boleh berbuat semaunya. Apabila didalam keluarga mendapatkan suatu masalah maka harus di musyawarakan bersama keluarga terlebih dahulu.

B.     Kedudukan dan Peran Ibu
a.       Kewajiban Ibu
        Dalam anggota keluaraga kedudukan ibu adalah sebagai ibu rumah tangga. Tugas utama ibu adalah mengurus rumah tangga dan keluarga. Misalnya ibu harus mamasak, membersikan rumah dan lainnya.
        Ibu bertanggung jawab atas kerapian rumah dan kebersiha rumah, disamping itu anak juga membantu ibu untuk membersihkan rumah. Karena ibu tidak akan sanggup mengerjakan pekerjaan rumah sendiri.
        Apabila semua pekerjaan rumah dilakukan oleh ibu, maka ibu akan kelelahan. Sebaiknya ayah dan anak juga ikut membantu pekerjaan rumah tangga ibu.
        Ibu adalah wakil  kepala keluarga. Ibu berkewajiban mendidik anaknya dan mengurus keperluan sandang,pangan. Agar keluarga tetap sehat dan kebutuhannya tercukupi.
        Ibu juga mengatur dan membagi tugas kepada anak-anaknya. Setiap anak memiliki tugas yang sesuai dengan kemampuanya. Misalnya membersikan tempat tidur, menyapu halaman rumah dan lainnya. Ada juga ibu yang berkerja untuk menambah penghasilan ayah, namun ada juga ibu yang berkerja untuk memenuhi seluruh kebutuhan keluarga. Ibu yang bekerja memiliki tanggung jawab yang berat.
        Ibu sangat penting dalam rumah tangga,karena apabila tidak ada ibu kehidupan keluarga tidak akan berjalan dengan baik.
b.      Hak Ibu
        Hak ibu adalah dihormati dan di sayangi oleh anggota keluarga. Apabila ibu memberikan nasehat kepda anaknya, maka sebagai anak harus mendengarkan nasehat ibu. Jika seorang anak tidak sependapat dengan ibu, anak tersebut dapat mengatakan kepada ibunya dengan baik dan sopan dan jangan sampai membantah atau menyakiti hati ibu.
        Ibu juga memiliki hak untuk mendapatkan nafkah dari ayah, tetapi dengan berkembangnya zaman selain ayah  banyak ibu yang bekerja untuk memenuhi kebutuhan keluarga.

C.     Kedudukan dan Peran Anak
a.       Kewajiban Anak
      Anak mempunyai kedudukan istimewa dalam keluarga . Bagi orang tua, anak adalah segala-galanya. Karena itu, orang tua rela bekerja keras demi anak-anaknya. Orang tua juga rela mengeluarkan banyak uang demi anak-anaknya.
      Sebagai anak, kita harus membalas kebaikan ayah dan ibu. Seorang anak wajib patuh pada kedua orang tuanya. Kalalu orang tua membuat peraturan, sebagai anak yang baik haruslah kita mematuhi peraturan yang ada dan jangan sampai melanggarnya. Seorang anak juga wajib menghargai kedua orang tuanya.
b.      Hak Anak
      Seperti ayah dan ibu, anak juga mempunyai hak. Hak anak yaitu disayangi oleh orang tuanya. Anak juga mempunyai hak untuk mendapatkan perhatian dari orang tuanya. Jadi, kalau orang tuamu tidak memperhatikanmu, kamu boleh protes. Katakan pendapatmu pada orang tuamu dengan baik dan sopan.
      Anak pun juga mempunyai hak untuk dibimbing dan diberi nafkahdari orang tuanya. Sebagai orang tua harus memberi tahu kepada anaknya yang mana yang benar dan mana yang salah. Orang tua juga harus memenuhi kebutuhan hidup anaknya. Namun, kebutuhan itu harus sesuai dengan kemampuan orang tua. Sebagai anak tidak boleh meminta barang yang terlalu mahal bagi orang tua.
      Contoh hak anak yaitu bermain, tetapi sebaiknya pilihlah tempat bermain yang aman. Lakukanlah dengan permainan yang tidak membahayakan dan sebagai orang tua haruslah memberikan saran agar anaknya tidak salah pilih dalam pertemanan dan memilih permainan yang baik.

D.    Perubahan Peran dalam Keluarga
              Pada umumnya seorang ayah adalah kepala keluarga dan ibu sebagai ibu rumah tangga yang tugasnya mendidik dan membimbing anak. Tetapi,sekarang banyak perempuan Indonesia yang menjadi Insinyur, dokter, Hakim, Guru dll. Bahkan ada juga yang menjadi anggota TNI dan Porli.
              Banyak perempuan Indonesia yang menduduki jabatan penting. Ada yang bekerja dikantor pemerintahan, diperusahaan swasta, bahkan ada juga perempuan yang membuka usaha sendiri. Ada pula yang menjadi menteri dalam kabinet. Misalnya, Presiden wanita yaitu ibu Megawati.
              Perempuan bisa bekerja diluar rumah untuk mencari nafkah. Namun demikian, kedudukannya dalam keluarga tetap sebagai ibu rumah tangga. Ada juga seorang ayah yang membuka usaha dirumah, sehingga waktunya lebih banyak dirumah bersama anaknya dibandingkan ibunya. Misalnya, ayah yang membereskan rumah, memasak, menyapu dll.


QURDIS KELAS 2 SD/MI

Pelajaran 1
Menulis Huruf-Huruf Hijaiyah
Huruf hijiaiyah adalah huruf ejaan bahasa Arab. Bahasa Arab adalah bahasa Al-Qur’an. Huruf hijaiyah ada 29 macam
A.    Menulis Huruf Hijaiyah Terpisah
No
Penulisan huruf hijaiyah
Bunyinya
No
Penulisan huruf hijaiyah
Bunyinya
1
ا
Alif
16
ط
Ṭa’
2
ب
Ba’
17
ظ
Ẓa
3
ت
Ta’
18
ع
‘ain
4
ث
Tsa’
19
غ
Gain
5
ج
Jim
20
ف
Fa’
6
ح
Ha’
21
ق
Qaf
7
خ
Kha
22
ك
Kaf
8
د
Dal
23
ل
Lam
9
ذ
Zal
24
م
Mim
10
ر
Ra’
25
ن
Nun
11
ز
Zay
26
و
Wau
12
س
Sin
27
ه
Ha’
13
ش
Syin
28
ء
Hamzah
14
ص
Sad
29
ي
Ya’
15
ض
Dad

Huruf لا tidak dituliskan sebagai bagian huruf hujaiyah. Hal itu karena huruf tersebut terdiri dari dua huruf, yaitu lam dan alif dan keduanya sudah dituliskan sebelumnya

B.     Penulisan Huruf-Huruf Hijaiyah di Awal, di Tengah, dan di Akhir
Huruf-huruf hijaiyah bila ditulis dengan tulisan sambung, maka semua huruf tersebut berubah bentuknya. Bentuk awal berbeda dengan bentuk di tengah. Dan begitu pula dengan bentuk di akhir



Pelajaran 2
Penulisan kata-kata terpisah dan tersambung

A.    Menulis kata-kata secara terpisah
Arti kata
Kata lain
Kata Al-Qur’an
Neraka Jahanam
Ja hi ma
جَ حِ يْ مَ
B.     Menulis kata berpisah
Ada beberapa huruf yang penulisannya harus disambung. Sambungan huruf ini mempunyai arti. Itulah kata bersambung.
Arti kata
Kata lain
Kata bersambung huruf hijaiyah
Yang baik
Sha li hun
صَالِحٌ



Pelajaran 3
Tanda baca waqaf dan washal
A.    Bacaan Waqaf
Waqaf artinya berhenti. Tanda waqaf berarti tanda menghentikan bacaan Al-Qur’an
1.      Apabila waqaf di akhir ayat, huruf terakhir disukunkan (mati)
Ayat Al-Qur’an
Dibaca waqaf
Huruf latin
رَبِّ الْعَا لَمِيْنَ
رَبِّ الْعَا لَمِيْنْ
Robbil ‘alamin

2.      Apabila di akhir ayat hurufnya berharakat fathah tanwin (selain huruf ta marbutah), tanwinnya tidak dibaca atau diganti fathah panjang (mad)
Ayat Al-Qur’an
Dibaca waqaf
Huruf latin
وَنِساَ ءً
وَنِسَاءَا
Wa nisa aa

3.      Apabila akkhir ayat huruf ta marbutah ta itu berubah menjadi ha sukun atau mati
Ayat Al-Qur’an
Dibaca waqaf
Huruf latin
الْفَتِحَةُ
الْفَتِحَهْ
Al-Fathihah

4.      Apabila akhir ayat huruf alif atau ya dan sebelumnya berharakat fathah, huruf itu di baca panjang
Ayat Al-Qur’an
Dibaca waqaf
Huruf latin
فَتَرْضَى
فَتَرْضَى
fatardha
5.      Mengenal tanda waqaf
Tanda waqaf
Nama waqaf
Artinya
م
وقف لازم
Harus berhenti
لا
وقف ممنوع
Tidak boleh berhenti
ج
وقف جائز
Boleh berhenti dan boleh terus
قلى
وقف اولى
Lebih utama berhenti
صلى
وصل اولى
Lebih utama diteruskan
سكتة
سكتة
Berhenti dan menahan nafas sejenak
؞  ؞
وقف تعانق
Berhenti pada salah satu

B.     Bacaan washal
Washal artinya terus atau menyambung bacaan. Maksudnya meneruskan bacaan Al-Qur’an sampai ada tanda waqaf. Tidak diputus-putus membacanya. Jika tidak kuat nafasnya boleh berhenti tetapi bacaannya diulang kembali
Tanda baca washal itu ada dua, pertama apabila ada tanda baca (لا) di atas  ayat, artinya tidak boleh berhenti, harus diteruskan bacaannya. Kedua apabila ada tanda صلى diatas ayat, artinya lebih utama/baik diteruskan bacaannya

Pelajaran 4
Surah Al-kautsar

A.    Melafalkan surah al-kautsar
Al-kautsar surah ke 108. Surah al-kautsar diturunkan di Mekah. Surah al-kautsar ada 3 ayat. Al-kautsar artinya nikmat Allah yang banyak
بِّسۡمِ ٱللَّهِ ٱلرَّحۡمَٰنِ ٱلرَّحِيمِ
إِنَّآ أَعۡطَيۡنَٰكَ ٱلۡكَوۡثَرَ ١  فَصَلِّ لِرَبِّكَ وَٱنۡحَرۡ ٢  إِنَّ شَانِئَكَ هُوَ ٱلۡأَبۡتَرُ ٣
B.     Hafal surah al-kautsar
Untuk menghafalkan surah al-kautsar, bacalah kata demi kata, kalimat demi kalimat, ayat demi ayat sampai hafal surah al-kautsar
Pelajaran 5
Surah Al-kafirun
Surat al-kafirun ada enam ayat. Al-kafirun artinya orang-orang kafir. Surat al-kafirun diturnkan di Mekah. Suurat al-kafirun diturunkan sesudah surah al-ma’un
بِّسۡمِ ٱللَّهِ ٱلرَّحۡمَٰنِ ٱلرَّحِيمِ
قُلۡ يَٰٓأَيُّهَا ٱلۡكَٰفِرُونَ ١  لَآ أَعۡبُدُ مَا تَعۡبُدُونَ ٢  وَلَآ أَنتُمۡ عَٰبِدُونَ مَآ أَعۡبُدُ ٣  وَلَآ أَنَا۠ عَابِدٞ مَّا عَبَدتُّمۡ ٤ وَلَآ أَنتُمۡ عَٰبِدُونَ مَآ أَعۡبُدُ ٥  لَكُمۡ دِينُكُمۡ وَلِيَ دِينِ ٦


Pelajaran 6
Surah Al-ma’un
Surah Al-ma’un ada 7 ayat. Surah Al-ma’un diturunkan di mekah. Al-ma’un artinya barang-barang yang berguna. Surah Al-ma’un surah yang ke 107
بِّسۡمِ ٱللَّهِ ٱلرَّحۡمَٰنِ ٱلرَّحِيمِ
أَرَءَيۡتَ ٱلَّذِي يُكَذِّبُ بِٱلدِّينِ ١  فَذَٰلِكَ ٱلَّذِي يَدُعُّ ٱلۡيَتِيمَ ٢  وَلَا يَحُضُّ عَلَىٰ طَعَامِ ٱلۡمِسۡكِينِ ٣ فَوَيۡلٞ لِّلۡمُصَلِّينَ ٤ ٱلَّذِينَ هُمۡ عَن صَلَاتِهِمۡ سَاهُونَ ٥  ٱلَّذِينَ هُمۡ يُرَآءُونَ ٦  وَيَمۡنَعُونَ ٱلۡمَاعُونَ ٧


Pelajaran 7
Surah Al-Fil
Surah Al-Fil surah yang ke 105. Al-fil artinya tentara bergajah. Surah Al-Fil ada 5 ayat. Surah Al-Fil diturunkan di Mekah
بِّسۡمِ ٱللَّهِ ٱلرَّحۡمَٰنِ ٱلرَّحِيمِ
أَلَمۡ تَرَ كَيۡفَ فَعَلَ رَبُّكَ بِأَصۡحَٰبِ ٱلۡفِيلِ ١  أَلَمۡ يَجۡعَلۡ كَيۡدَهُمۡ فِي تَضۡلِيلٖ ٢  وَأَرۡسَلَ عَلَيۡهِمۡ طَيۡرًا أَبَابِيلَ ٣ تَرۡمِيهِم بِحِجَارَةٖ مِّن سِجِّيلٖ ٤  فَجَعَلَهُمۡ كَعَصۡفٖ مَّأۡكُولِۢ ٥

Pelajaran 8
Surah Al-‘Asr
Surah Al-‘Asr surah yang ke 103. Surah Al-‘Asr ada 3 ayat. Surah Al-‘Asr diturunkan di Mekah Al-‘Asr artinya masa atau waktu
بِّسۡمِ ٱللَّهِ ٱلرَّحۡمَٰنِ ٱلرَّحِيمِ
وَٱلۡعَصۡرِ ١  إِنَّ ٱلۡإِنسَٰنَ لَفِي خُسۡرٍ ٢  إِلَّا ٱلَّذِينَ ءَامَنُواْ وَعَمِلُواْ ٱلصَّٰلِحَٰتِ وَتَوَاصَوۡاْ بِٱلۡحَقِّ وَتَوَاصَوۡاْ بِٱلصَّبۡرِ ٣








Pelajaran 9
Surah Al-Qadr
Al-Qadr artinya kemuliaan. Surah Al-Qadr diturunkan di Mekah Surah Al-Qadr ada lima ayat. Surah Al-Qadr surah ke 97
بِّسۡمِ ٱللَّهِ ٱلرَّحۡمَٰنِ ٱلرَّحِيمِ
إِنَّآ أَنزَلۡنَٰهُ فِي لَيۡلَةِ ٱلۡقَدۡرِ ١  وَمَآ أَدۡرَىٰكَ مَا لَيۡلَةُ ٱلۡقَدۡرِ ٢  لَيۡلَةُ ٱلۡقَدۡرِ خَيۡرٞ مِّنۡ أَلۡفِ شَهۡرٖ ٣ تَنَزَّلُ ٱلۡمَلَٰٓئِكَةُ وَٱلرُّوحُ فِيهَا بِإِذۡنِ رَبِّهِم مِّن كُلِّ أَمۡرٖ ٤  سَلَٰمٌ هِيَ حَتَّىٰ مَطۡلَعِ ٱلۡفَجۡرِ ٥

Pelajaran 10
Hadits Tentang Menghormati Orang Tua
Tahukah kamu tentang istilah anak shaleh ? anak shaleh artinya anak yang baik. Anak yang shaleh diabadikan dalam Al-Qur’an dan dalam hadits nabi. Salah satu tandanya anak shaleh adalah menghormati orang tua. Allah berfirman:
وَبِٱلۡوَٰلِدَيۡنِ إِحۡسَٰنًا
“Dia dan hendaklah kamu berbuat baik pada ibu bapakmu dengan sebaik-baiknya. “ (QS. Al-isra’: 23)
A.    Menghormati orang tua
Kita harus menghormati, berbakti, dan berbuat baik kepada orang tua. Orang tua yang telah membesarkan, mengurus, dan mendidik kita sejak masih kecil.
Siapakah yang harus lebih dihormati ? ayah atau ibu ? utamakanlah menghormati ibu, baru kemudian ayah. Karena ibu yang telah mengandung dan melahirkan kita dengan susah payah. Bahkan nyawa sebagai taruhannya ketika melahirkan kita. Rosululllah SAW bersabda:
عَنْ عَبْدِ اللهِ بْنِ عَمْرُوبْنِ الْعَاصِ رَضِيَ اللهُ عَنْهُ : عَنِ النَّبِيِّ ص.م قَالَ :رِضَا اللهِ فِيْ رِضَاالْوَالِدَيْنِ وَسُخْطُ اللهِ فِيْ سُخْطِ الْوَالِدَيْنِ (خرجه البيهقى)
Artinya:
Dari Abdillah bin Amr bin ‘As ra. Dari Nabi SAW beliau bersabda: “keridlaan Allah didasarkan atas keridlaan orang tua, dan kemurkaan Allah itu didasarkan atas kenurkaan kedua orang tua” (HR. Baihaqi)

B.     Memahami inti hadits
Hadits artinya segala ucapan, perbuatan, dan ketetapan dari Nabi Muhammad SAW. Semua ucapan nabi adalah benar. Perbuatan nabi kita jadikan teladan. Ketetapan nabi kita jadikan sumber hukum kedua setelah AL-Qur’an. Kita patuhi dan kita laksanakan dalam kehidupan sehari-hari. Berbakti pada orang tua tidak terbatas hanya pada waktu orang tua masih hidup saja. Kewajiban berbuat baik kepada orang tua masih tetap berlaku, meskipun orang tua sudah meninggal. Mereka kita mintakan ampunan kepada Allah SWT, sebab mereka sudah tidak dapat minta ampun sendiri.